Fungsi CCTV, Pengertian CCTV Jenis CCTV dan Kemampuan CCTV Yang Harus Diketahui

Fungsi CCTV, Pengertian CCTV Jenis CCTV dan Kemampuan CCTV

Fungsi CCTV – Fungsi cctv memang pada zaman sekarang sudah tidak bisa diragukan lagi. Banyak masyarakat yang memasang kamera ini demi melingdungi tempat dan orang disekitarnya. Kini banyak sekali tempat-tempat umum yang memasang cctv untuk keamanan lingkungan tersebut. Contohnya hotel, mall, toko, kantor, minimarket, tempat parkir, lobby, hotel, perumahan, ruko, dan bahkan sekarang rumah pribadipun dipasang dengan kamera cctv karena masyarakat sudah mengetahui manfaat dan fungsi cctv tersebut.

Jadi apa itu singkatan dari CCTV? Mungkin tidak banyak masyarakat mengetahui ini. Umumnya mereka hanya mengetahui kata CCTV nya saja. CCTV adalah Closed Circuit Television dan inilah kamera pengintai yang dapat merekam tampilan visual beruba gambar dan suara secara nyata dan hasil rekaman itu akan disimpan dengan adanya DVR dengan beberapa media digital lainnya seperti USB, memory card, disk drive. Jadi fungsi CCTV disini memang sangat bermanfaat sekali.

Baca juga : Jenis Kamera CCTV dan Letak Penempatannya

DVR disini berfungsi untuk mengatur dan menyimpan hasil rekaman CCTV yang biasanya dibagi menjadi beberapa channel. Antara lain 4,8,16 dan 23

Jenis CCTV dan Kemampuannya

  1. CCTV Analog

System kerja dari kamera jenis analog ini terhubung ke DVR menggunakan kabel dengan jenis coaxial ataupun BNC. Hasil dari rekaman yang ditangkap oleh kamera CCTV ini akan disimpan dalam hardisk di storage DVR yang terhubung dengan monitor dan Kita dapat melihat hasilnya di layar monitor dengan menggunakan jaringan LAN ataupun jaringan internet. Itulah sebagian fungsi CCTV jenis analog.

Adapun kelemahan dari CCTV ini yaitu adanya keterbatasan dalam penempatan karena kamera jenis ini harus menggunakan kabel yang lumayan. Dan tampilan gambarnya juga kurang maksimal apabila Kita zoom dengan resolusi yang tinggi. Karena resolusi yang dihasilkan oleh kamera cctv analog ini hanya 960×576 pixel saja.

 

  1. CCTV Internet Protocol

Kamera ini lebih dikenal dengan IP camera dan mempunyaii fungsi CCTV dan cara kerja yang lebih bagus jika Kita bandingan dengan CCTV analog. Ip camera ini nanti secara otomatis mentranfer sebuah data atau mengkonveksi sebuah  file kedalam file digital yang bisa dilihat secara online dengan menggunakan IP yang sudah ditentukan.

Fungsi CCTV ini juga bisa memproses gambar dan rekaman lalu mengirimkan informasi melalui koneksi ethernet PC, Komputer,  Handphone, dengan syarat didalamnya ada aplikasi Content Management System yang bisa diakses dengan chrome, browser, IE dan semacamnya.

Kabel yang digunakan oleh kamera IP berbeda dengan analog. Kamera ini menggunakan kabel UTP. Ip camera  ini juga tidak mesti menggunakan adaptor ataupun power CD seperti halnya kamera analog. Sebagai penggantinya, kamera IP ini menggunakan power over Ethernet. Dan untuk hasil gambarnya, rekaman yang ditangkap oleh kamera ini lbih jelas karena resolusi yang dimilikinya sudah tinggi. Inilah fungsi CCTV IP kamera yang perlu Kamu ketahui.

  1. CCTV HD-SDI

Kamera ini mampu menampung data dan menampilkan gambar yang lebih baik jika dibandingkan dengan kamera analog. Untuk masalah kabel, kamera ini sama dengan analog yaitu menggunakan kabel jenis coaxial.cara kerjanya juga hamper sama dengan kamera jenis analog.

Dalam perkembangannya muncul kamera HD-CVI yang teknologinya dianggap bisa bersaing dengan IP camera. Dengan menggunakan transmitter (built-in camera) dan receiver (built-in DVR), HD-CVI bisa menghasilkan resolusi dengan gambar yang sebesar 720 dpi/ 1280x270pixel higga 1080 dpi /1920x1080pixel. Teknologi ini mampu mentransmisikan sinyal video, audio dan control PTZ hanya dengan menggunakan satu kabel saja. Itu fungsi CCTV jenis ini.

About the Author

ghina fauziyyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *