Masalah Camera Infra Merah Yang Sering Dikeluhkan Masyarakat

Masalah Camera Infra Merah

Masalah Camera Infra MerahMasalah yang terjadi disini tidak melihat jenis cameranya seperti apa. Mau itu kamera CCTV jenis dome maupun jenis lainnya. Secara umum, penyebab dari gangguan kamera IR bisa dibagi menjadi dua factor.

Pertama yaitu factor internal. Factor internal ini biasanya terjadi yang berasal dari kamera itu sendiri. Contohnya:

  • Pantulan lampu infra merah inilah yang kerap terjadi
  • Lingkaran hitam yang ada ditengah-tengah
  • Terjadi pengembunan
  • Lensanya yang tidak focus
  • Dari kualitas material cover

Kedua yaitu factor eksternal. Factor eksternal biasanya terjadi karena adanya gangguan yang berasal dari luar kameranya. Contohnya:

  • Terdapat 2 camera IR didalam satu ruangan yang dipasang secara berhadap-hadapan
  • Objek yang memantulkan cahaya
  • Adanya debu dan kotoran yang menempel di cover camera, misalnya ada sarang laba-laba
  • Sidik jari pada cover

Masalah Kamera Pantulan Dari Lampu Infra Merah

Masalah ini yang biasa kita temukan. Penyebabnya sih bisa bermacam-macam, rule of thumb dalam troubleshooting bisa di jelaskan sebagai berikut:

  1. Hindarilah refleksi dari dalam casing. Perlu Kamu ketahui, bahwa semakin naik arah camera yang mendekati 90 derajat mempunyai resiko pemantulan yang semakin tinggi, karena cover dome pada bagian dalamnya akan tampak dan memantulkan infra merah.
  2. Hindarilah objek yang bisa memantulkan seperti dinding, langit-langit, lantai dan permukaan lainnya yang berwarna putih. Dari situ, selain untuk tidak mennimbulkan silau disiang hari objek seperti itu juga berpotensi memantulkan infra merah dimalam hari.
  3. Jangan pernah menambahkan casing tambahan atau mencoba memasang kamera dibalik kaca
  4. Coba perbaiki semua posisi karet penutup, baik itu disekitar lampu LED, disekeliling kamera dan jangan sampai miring atau tidak pas.
  5. Kencangkanlah semua sekrup cover kamera jika itu ada dan perhatikan jangan sampai ada yang longgar.

Masalah Camera Lingkaran ditengah-tengah

Pernakah Kamu melihat hasil sebuah gambar camera IR pada keadaan yang gelap? Masalah ini memang bisa saja terjadi pada merk kamera CCTV yang bagus sekalipun. Masalah ini biasanya disebut “halo effect” dan sangat sering terjadi di beberapa type camera IR. Penyebabnya ada pada lampu IR yang terlalu menyebar dan pemantulan melalui cover dalam intensitas yang kecil. Walapun intensitas kecil, tapi ini mempunyai dampak yang sangat mengganggu. Masalah seperti ini bisa Kamu atasi dengan menerapkan salah satu dari rule of thumb yang tadi Kita bahas diatas.

Masalah Kamera Pengembunan

Masalah ini sering terjadi, apalagi pada kamera type outdoor. Walaupun memang tidak menutup kemungkinan bisa terjadi juga pada kamera type indoor yang dipasang di outdoor.

Masalah Camera Lensa Yang Tidak Fokus

Pernah terjadi, ada seorang client yang mengganti lensa camera IR standar pabril 6mm dengan lensa yang 3,8mm dengan harapan bisa menghasilkan pandangan yang lebih lebar lagi. Tapi, apakah yang terjadi setelah diganti? Berharap hasil yang bagus malah terjadi sebaliknya hehe, hasilnya juga malah terlihat buram.

Kualitas material cover

Peribahasa “Ada harga ada barang” ini memang sulit untuk dipatahkan. Kualitas dari cover memang ikut andil dalam menciptakan pantulan. Cover yang gampang buram dan tergores bisa menjadi penyebab dari semua ini. Ada beberapa dengan cover yang bagus, bening, kkoh dan halus maka bisa meminimalisir permasalahan. Oleh karena itu, ada beberapa fabrikan yang menyediakan cover pengganti jika seandainya cover asli itu tergores atau kurang bagus. Tapi, sebelum kita memvonis suatu produk, coba Kamu tangani dulu denngan rule of tumbh diatas yang sudah dibahas.

Adanya 2 Kamera IR Indoor Yang Dipasang Berhadapan

Jika ada 2 kamera IR yang dipasang dalam satu ruangan, maka masalah yang sering terjadi yaitu sinar infra merah sama-sama saling terganggu satu sama lain. Ditandai dengan adanya bayangan putih sehingga gambar yang dihasilkan menjadi buram. Cara menanganinya tetap mengacu kepada rule of thumb yang mengubah arah salah satu dari kamera tersebut. Jika memang tidak memungkinkan, bisa saja Kamu mematikan infra merah dari salah satu kamera itu.

Pengaruh Dari Debu, Sarang dan Sidik Jari Pada Cover

Kotoran yang menempel pada cover infra merah akan diterjemahkan sebagai objek yang memantul dan menganggu kualitas gambar yang dihasilkan. Ada satu hal lain yang sering luput dari sidik jari yaitu pada saat menutup kamera khususnya untuk type dome ada kalanya sidik jari menempel pada cover itu tepat di depan lensanya. Inilah yang menyebabkan gambar menjadi buram.

Sedikitnya Masalah Camera Infra Merah Yang Sering Dikeluhkan Masyarakat sudah Kita bahas bersama. Semoga bermanfaat

 

 

 

About the Author

adminhanwha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *